Popup

Saturday 2 April 2016

Pengalaman Jualan Online Dropship setelah 7 bulan berjalan

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman jualan online dropship setelah menjalani nya selama kurang lebih 7 Bulan. Seperti yang saya tulis di blog ini sebelumnya bahwa saya menjalani bisnis online dengan menjadi drophipper di Cakning dan SupplierID. Saya sengaja share pengalaman jadi dropshipper ini sebagai acuan seberapa besar tingkat keberhasilan dalam menjalani bisnis jualan online dari pemula sampai sekarang 7 bulan lamanya.Seperti yang saya tulis sebelumnya disini bahwa saya belum pernah menjalani bisnis online, jualan online dropship atau apapun yang terkait dengan bisnis online.Oleh karena itu saya akan share lagi pengalaman jualan online dropship yang saya jalani dengan serius ini.

Saya menjalani bisnis jualan online ini sambil bekerja sebagai karyawan swasta di Yogyakarta. Jadi kalo ada waktu senggang saya sempatkan untuk promosi entah lewat facebook, buat blog, atau lewat toko online. Mungkin temen-temen ingin tahu apa yang saya kerjakan selama 7 bulan ini? selama ini yang saya kerjakan adalah promosi di berbagai teknik terutama di facebook dan marketplace seperti Tokopedia, bukalapak dan Lazada. Untuk berhasil jualan online termasuk dropship adalah promosi produk supaya dilihat banyak orang. Istilah lain adalah mengumpulkan traffic entah dari facebook, marketplace atau google. Dengan banyak traffic(banyak promosi) produk yang kita jual jadi dikenal orang sehingga kemungkinan terjadinya sales menjadi semakin banyak. Jadi kalo Anda sekarang menjalani bisnis online tapi belum terjadi penjualan, maka lihat seberapa banyak dilihat produk Anda? Untuk saya sendiri selama 7 Bulan ini yang saya lakukan adalah sebagai berikut.
1. Promosi di blog dengan ilmu riset keyword yang didapat dari Premium member area di Cakning.
Untuk langkah ini saya sudah punya blog untuk promosi produk saya yang domain nya sudah diresmikan yaitu  www.spesialisbarangunik.com/. Dengan blog ini diharapkan kalo ada user Google mencari sesuatu terkait produk yang yang dicarinya dan di saya ada, maka website saya diklik dan customer menghubungi saya untuk pesan produk. Dengan demikian kemungkinan saya menjual dengan mengandalkan traffic organik dari google bisa terjadi. Untuk bisa seperti ini Anda kalo daftar di Cakning harus upgrade keanggotaan menjadi member premium dengan bayar cuma 100 ribu rupiah.
2.Promosi di Marketplace dengan menjadi seller di Tokopedia, Bukalapak dan Lazada.
Ini adalah cara saya berjualan dengan mengandalkan traffic di marketplace. Marketplace yang saya sebutkan diatas adalah yang besar trafficnya, artinya pengunjungnya banyak. Jadi kemungkinan penjualan lebih mungkin terjadi karena produk kita dilihat banyak orang.
3. Buat Toko online Sendiri.
Membuat toko online sendiri kemudian mengiklankannya di facebook bisa juga cara yang bagus untuk menjual produk. Untuk cara ini saya sudah punya toko online yang sama-sama spesialisbarangunik dengan domain www.spesialisbarangunik-shop.mysirclo.com/
4. Promosi di facebook.
Ini yang sebagian besar saya lakukan. Sebagian besar aktivitas promosi saya adalah difacebook.
Di facebook saya buat akun kloningan lebih dari satu kemudian add teman sebanyak-banyaknya pake software berbayar. Dengan cara ini produk jualan kita akan dilihat banyak orang terutama teman tertarget yang kemungkinan suka dan membutuhkan produk yang kita jual.Software untuk melakukan ini saya rahasiakan dulu karena software nya berbayar dan penjualan nya tertentu, untuk yang berminat bisa kontak saya lewat email ke hidayat_1983@yahoo.com. Selain itu yang saya lakukan difacebook adalah promosi pake FB ads. Dengan cara ini kita promosi berbayar untuk mendatangkan penjualan. temen-temen bisa pelajari sendiri untuk dapat beriklan difacebook. Dengan cara ini kita harus punya fanspage terkait jualan produk kita. Temen-temen bisa lihat fanspage jualan saya yaitu :Spesialisbarangunik, Obat Penghilang Uban, Dompet Handphone dll.

Dengan cara-cara diatas harapannya produk jualan dropship saya bisa dilihat banyak orang dan tentunya akan terjadi penjualan. Terus terang saya juga belum menemukan feel untuk jualan online ini karena saya jualan banyak produk. Menurut mastah bisnis online yang sudah berpengalaman, tidak perlu jual banyak produk, cuma jualan satu produk saja juga bisa, tinggal cari traffic sebanyak-banyaknya. Misalnya anda jualan dompet handphone saja terus bikin blog tentang dompet handphone, cara memilih dompet handphone yang bagus, cara merawat dompet handphone dll. semua seluk beluk tentang dompet handphone, nanti traffic di blog sudah banyak, maka akan terjadi proses penjualan. Orang-orang akan banyak menghubungi kita untuk beli produk berupa dompet handphone.
Tetapi itu cuma saran dari mastah, Anda bisa cari cara lain tentunya. Untuk cara-cara yang sudah saya jalani diatas berdasarkan pengalaman saya sendiri dalam bisnis online,hasilnya lumayan juga, tinggal menjalaninya dengan fokus saja. Berikut ini rangkuman hasil penjualan online saya di Cakning.
Pengalaman jualan online dropship di Cakning

Pengalaman jualan online dropship di cakning

Dari gambar diatas telah terjadi sales 147 produk dengan total Omzet Rp.16.384.540. Untuk di Supplier ID sendiri saya agak kurang menjual banyak, tapi ada juga kemarin yang telpon saya tiba2 menanyakan brankas kamus yang merupakan salah satu produk pavorit saya di SupplierID. Berikut ini hasil rangkuman penjualan saya untuk produk di SupplierID. Kurang lebih ada 5 produk yang berhasil saya jual.

Sekian share pengalaman saya jadi dropshipper/reseller di SupplierID dan Cakning.com Semoga bermanfaat dan bisa diambil pelajaran nya terutama bagi Anda yang mau mulai terjun di bisnis online. Ini adalah pengalaman jualan online dropship pertama kali saya terjun di bisnis online yang telah saya jalani selama kurang lebih 7 bulan. Semoga bermanfaat.

Untuk teman-teman yang belum punya bisnis online, temen-temen bisa daftar sebagai reseller/dropshipper di web berikut ini:
1. SUPPLIERID
2. CAKNING.COM

Terima kasih sudah membaca pengalaman jualan online dropship yang saya jalani, semoga sukses untuk Anda dan saya tentunya. Nanti kedepannya Insya allah akan saya sharing lagi pengalaman jualan online setelah beberapa bulan berjalan kedepan.

Baca juga
Pengalaman usaha dropship online Setelah 5 Bulan Berjalan
Hal-hal yang penting untuk diperhatikan dalam menjalankan bisnis Dropship
Belajar Jualan Online di facebook
Memanfaatkan Social Media untuk menghasilkan Uang
Kekuatan Faktor Kali dalam Bisnis Online dan potensi nya untuk Meningkatkan Kekayaan
Definisi Kaya dan hubungannya dengan Jualan Online





1 comment:

AQUATIC Fishing ART said...

nice infonya gan,..
https://essenaquatic.com/umpan-ikan-mas-galatama.html